Hati – Hati, Mereka Sholat Tapi Mereka Kristen!!!

By on May 1, 2012

Underground Tauhid - Bismillahirrahmanirrahim

DALAM Al-Quran sering ditemukan kata Aqimus Sholah  (tegakkan Shalat), sebagai bagian dari perintah Allah kepada kaum Muslim untuk beribadah. Tapi jangan keliru, belakangan ini, kalangan Kristen Otodox Syiria (KOS) juga menggunakan bahasa serupa yang juga mirip dengan bahasa Al-Quran ini.

Baru-baru ini, kalangan Kristen Ortodox Syiria menerbitkan buku berjudul “Shalat Rabbaniyah”yang ditulis oleh Ignatius Bambang Soetawan. Bambang adalah alumnus Sekolah Tinggi Filsafat Teoogi Prajnawidya Yogyakarta, 1971.

Jika tidak paham, peristiwa ini bisa-bisa mengecoh umat Islam semua. Apalagi selain menggunakan bahasa-bahasa mirip Al-Quran, kalangan Kristen Ortodok Syiria juga menggunakan simbol-simbol mirip Islam. Seperti jilbab dll.

Kembali ke butu tadi, isi buku setebal 120 halaman tersebut adalah tafsir ringkas (refleksi) tentang “Doa Dapa Kami” yang dikutip dari Injil Matius 6: 9-13.

Selain buku mirip bahasa khas Islam tersebut, Yayasan Misi Orthodoxia yang diketuai oleh Pendeta Yusuf Roni juga menerbitkan buku panduan shalat kristen yang berjudul ”Kitabus Sab’us-Shalawat” (shalat 7 waktu).

Melalui surat ini, kami menghimbau saudara-saudara Muslim agar tidak terkecoh dengan symbol-simbol  surban, baju ala nabi, jenggotnya panjang, celana cingkrang, wanita berjilbab, sebab bisa jadi itu adalah pengikut Kristen Ortodox Syiria.

Meski pakaian mereka mirik kaum Muslim, satu hal yang pasti berbeda, ajaran mereka anti syariat Islam  (hukum Allah Subhanahu Wata’ala).

Karenanya, jangan kaget bila suatu hari Anda menemukan orang yang shalat, berjilbab atau berbaju koko layaknya Muslim ( dengan peci atau seolah-olah doanya berbahasa Arab atau seolah ada gambar kaligrafi Arab), itulah sekte Kristen Ortodox Syiria (KOS).

Tentang gambaran Kristen Ortodox Syiria (KOS) dan seluk-beluk Shalat Tujuh Waktu (Kitabus Sab’us-Shalawat) bisa dibaca di Wikipedia.

Mudah-mudahan informasi pendek ini bisa menjadi panduan sekaligus informasi semua kaum Muslim.*

Kiriman

Fabiana Andalusiana

 

Keterangan: Buku Shalat Rabbaniyah dan Ibadah KOS yang mirip Muslim/alqiyamah
Red: Cholis Akbar

146 Comments

  1. Muhaimin

    May 1, 2012 at 23:29

    Assalamu alaikum,

    Mungkin yang seharusnya kita lihat juga adalah fakta bahwa saudara beragama Kristen dan Kekristenan dan Agama Kristen ini muncul lebih dulu dari Islam. Jadi sebenarnya kesamaan antara ritual yang kita jalani ini lebih kepada pembelajaran yang sebelumnya mungkin kita terima dari mereka, mengingat pada zaman itu belum ada saling sikut antar pemeluk agama dan perang yang ada hanyalah perebutan teritorial.

    Ada baiknya bagi penulis, sebelum menulis artikel terlebih dahulu mempelajari fakta-fakta yang ada dan menyampaikan data yang akurat, bukan hanya pembahasan pada permukaan yang bisa menyebabkan permusuhan seperti artikel ini.

    Ingat, yang Allah SWT ajarkan semuanya adalah kebaikan dan cinta kasih. Permusuhan ditimbulkan oleh manusia sendiri. Dan ini adalah salah satu contohnya.

    • Ayyash

      May 2, 2012 at 08:07

      Waduh… Bang Muhaimin…. perintah sholat itu hanya untuk Muslim, karena kita semua udah pada tahu, Sholat itu salah satu ciri yang membedakan antara Muslim dengan kafir….

      • nile river

        May 2, 2012 at 09:56

        sholat itu artinya apa sich? sholat itu bahasa apa sich? yg penting niat dan maknanya atau cuma bentuk ritualnya aja sich??

        • bendera islam

          August 24, 2012 at 07:44

          setiap agama samawi melakukan ritual solat, namun solat yang dilakukan tiap agama samwai berbeda. Ruslallah saw, melakukan solat sebelum melakukan isramiraj. dan apakah gerakannya sama dengan solat setelah isra mi’raj?

          yang pasti solat orang ISLAM berbeda dengan solat dengan agama lain. dan apa bila ada agama lain yang bukan islam melakukan ritual yang mirip dengan ritual orang ISlam,,,, maka sesungguhnya mereka itu sedang berbuat dohlim.

          • rianti

            October 12, 2012 at 00:40

            keapa begitu??? ternyata pikiran anda masih sempit, anda kurang banyak membaca sejarah. agama kristen ada jauh sebelum ada islam dan sebagian mereka (kos) melakukan sholat, seperti islam, itu dilakukan sebelum islam muncul mereka sudah bersholat seperti itu, jadi anda jangan mengklaim mereka dholim. tolong banyak2 belajar yah? jangan berpikiran picik.

          • TYO

            December 14, 2012 at 21:36

            KOS ITU NIRU GERAKAN SHOLAT UMAT ISLAM.

      • rianti

        October 12, 2012 at 00:32

        ayyash ,
        banyak belajar lagi ya? terutama sejarah, bahasa arab, sholat apa artinya yah, nanti kamu dikira katak dalam tempurung.

        • TYO

          December 14, 2012 at 21:10

          sepertinya anda umat KOS,hahahhahaha

        • hewndra

          May 11, 2013 at 10:59

          rianti kok kamau kristen bego amat…liat di injil asli ada ga agama kristen tertulis disana.kristen dibuat oleh konstantin roma…..

    • nile river

      May 2, 2012 at 10:00

      setuju mas Muhaimin.
      sepertinya penulis belum pernah tau kalo kristen di timur tengah pake kerudung dan ibadahnya sholat??? kristen di arab itu ya sholat juga.. bukan hanya syiria. di mesir juga kristen koptik sholat..di Iran juga gereja2 tetap aman jika ada hari raya umat kristen dan islam disana menjaganya atau saling bantu sesama hari raya….apapun bentuk ritualnya, kalo maknanya adalah melakukan ibadah penyerahan diri kepada sang pencipta, entah namanya sholat, sembahyang, manembah.. ya maknanya sama aja. Ada baiknya bagi penulis, sebelum menulis artikel terlebih dahulu mempelajari fakta-fakta yang ada dan menyampaikan data yang akurat, bukan hanya pembahasan pada permukaan yang bisa menyebabkan permusuhan seperti artikel ini.
      >>tlg jangan di edit/di hapus biar fair, apa adanya & adil

      • Dul Zeperlext

        September 4, 2012 at 08:08

        ini juga, gak pernah belajar. Sholat, asal katanya dali Shola dll…, itu simbolisasi ibadah khusus untuk Umat islam. Bahkan ibrahim sebagai Bapaknya para nabi, dikatakan bukan Sholat. tapi BerDo, Beribadah menyembah Allah. Maka tidak ada alasan meniru-niru. itu meniru karena gak tau lagi mau kemana arah Kristen sebenarnya. sebab dari dulu memang Kristen itu ambigu dan tidak punya pegangan. tidak punya dasar agama yang kuat. makanya mereka meraba-raba, jangan jangan dulu nabi-nabi seoerti itu. nah…, itu dia pendapatnya. lalu dihubung-hubungkn pengandai-andaian itu dengan Kondisi lingkungan. akhirnya jadilah metode penyembahan baru. Kristen ini kan ajaran yang berevolsi., kaya Engkong Darwin

        • rianti

          October 12, 2012 at 00:44

          apakah anda sudah mengecek kebenarannya??? kristian lebih dulu ada daripada islam, dan kos ritualnya dari dulu seperti itu ( lalu siapa yang meniru)

          • TYO

            December 14, 2012 at 21:14

            aku baru tahu kalau kristen itu juga sholat,memang kristen lebih dulu ada daripada islam,tapi apa ajaran didalam kitab mereka untuk sholat?

      • TYO

        December 14, 2012 at 21:31

        jadi kristen di timur tengah lebih dulu meniru sholat umat Islam,sebelum KOS di diindonesia,jangan lihat kebiasaan umat kresten di timur tengah tapi lihat di injil adakah perintah sholat untuk umat kresten

    • irhamsastro

      May 16, 2012 at 11:37

      perlu anda ingat kembali sejarah, bahwa ummat sebelum ummat Nabi Muhammad SAW, melakukan “shalat” dengan cara bernyanyi dengan menyebut keagunganNYA, maka dari itulah sampai sekarang ummat kristiani bila datang ke gereja atau melakukan ritual keagamaan selalu bernyanyi mengangungkan kebesaranNya. Nah, setelah kehadiran Nabi Muhammad SAW, maka cara untuk menyembah Allah bukan Lagi dengan bernyanyi, melainkan dengan Shalat (Takbiratul ihram-sujud)… sekian.. salam

      • Dul Zeperlext

        September 4, 2012 at 08:11

        belajar lagi mas irham..,
        Sebelum kelahiran islam, orang beriman bukan bernyanyi,diantara mereka berdoa di bait-bait allah. mereka bersujud dan berdoa. ada sebagian menambahkan wewangian di bait tersebut. bukan sebagai sesaji tetapi supaya bait itu wangi. yang berdoa pun selesa. jadi jangan mengatakan sesuatu yang ilmunya, anda tidak tahu. salah-salah malah anda menjadi fasiq. nhati-hati mas..,

        • TYO

          December 14, 2012 at 21:21

          jadi sholat itu ada setelah kelahiran Islam dong,tapi kenapa agama sebelum Islam lahir sekarang ada yang sholat,bukankah anda tadi bilang sebelum islam “mereka bersujud dan berdoa. ada sebagian menambahkan wewangian di bait tersebut. bukan sebagai sesaji tetapi supaya bait itu wangi.”itukan kan tidak sama dengan sholat umat islam

    • Subadi

      May 28, 2012 at 11:15

      orang ini keblinger………

    • hina

      June 7, 2012 at 18:02

      waduh bang, seingat saya perintah shalat (ritual dan tata caranya) itu diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah SAW, nabi dan rasul sebelum Nabi Muhammad SAW hanya diperintahkan untuk beriman kepada Allah, mohon maaf seebelumnya kalau salah…

    • arief

      August 6, 2012 at 07:50

      pda oon smua, sholat yg 5 waktu tu d perintahkannya pas isro mi’raj nabi Muhammad SAW .
      sbelum isro mi’raj tu hanya ada sholat malam yg skrng d sebut sholat tahajud. nabi nabi dulu jd d wajibinnya sholat malam itu alias sholat tahajud .
      mangkanya umat nabi Muhammad SAW cuma d perintahhin sholat wajibnya yg 5 waktu, smentara sholat tahajud jd sunnah hukumnya .

      bego jgn d piara , ngaji dong jgn ngrasa udah paling pinter .
      jd ibadah sholat tu cuma bwt AGAMA ISLAM, YG MENDIRIKAN SHOLAT TU ORNG BERIMAN . yg gga beriman, kafir, yahudi gga bkalan mendirikan sholat .
      klo melaksanakan bisa ajj, secara melaksanakan ama mendirikan sholat tu beda bangget .

      • J 4 jay

        August 23, 2012 at 20:26

        Mngungkap yg benar scara syariat bkan b’arti Islam mnzhalimi umat lain krn Islam sngat toleran tp perlu d ingat bhwA mngakui perbedaan bkan b’arti m’campur adukannya… Lakum dinukum waliyadiin… Bnyak pndapat tman yg sdh benar…ttg kpd siapa perintah shalat 5 wktu, kpn wktux, rukunx…smua sprti yg d contohkan Nabi Muhammad stlah pristiwa Isra’ Mi’raj…KOS sndiri entahlah? Siapa yg d contoh…bagi tman2 pngidap “SEPILIS”…maaf sya mragukan kmurnian faham anda dr aspek Ahlu sunnah wal jama’ah..
        Wassalamualaikum …

    • indra

      August 23, 2012 at 21:43

      Sebenarnya bnyak yang menyangka bahwa Agama KRISTEN lebih dulu ada. Itu salah besar. Dalam Bible mrk yg sdh direkayasa pun gak ada dikatakan Kristen, Christian atw Nasrani. ISLAM lah yg sejak nabi Adam as, sudah ada, sbb Alloh yg menciptakan nya, coba anda lht Qur’an lagi. Jgn qta terkecoh seolah2 agama Yahudi dan Nasrani lebih dulu muncul daripd ISLAM. Ingat..semua Nabi Alloh mengusung perintah Alloh yaitu ISLAM..setuju gak??

    • Dul Zeperlext

      September 4, 2012 at 08:04

      Muhaimain.., Belajar dulu akidahmu yang baik, baru komentar disini.

    • TYO

      December 14, 2012 at 21:06

      memang dulu ada ajaran di agama kristenkah?
      sudah jelas mereka itu meniru ibadah umat islam

    • TYO

      December 14, 2012 at 21:43

      MUHAIMIN@anda tak usah sok tahu,agama satu dengan yang lain itu memiliki keyakinan,nabi,kitab dan tata cara ibadah yang berbeda dengan agama yang lain.
      aneh dong kalau beda agama tapi ibadahnya sama?????????????????????

  2. jesus islam

    May 2, 2012 at 06:46

    assalamualaikum wr.wb

    mana ada sejarahnya ritual kristen melakukan perintah sholat, mana ada di bibel mengajarkan perintah sholat,
    kafir tetaplah kafir, mereka penghuni abadi neraka jahannam,
    mereka kehabisan ide, mau cara bagaimana lagi supaya umat islam murtad, sampe2 pake tata ibadah umat islam, hehe,
    gak bakal bisa, umat islam pertumbuhan nya paling pesat didunia
    buat komen di atas, coba lebih bnyk lagi baca2 buku refrensi, keliatan bnget sok ngingetin, sok tau gimana kristen, padahal ilmu seupil :)

    • nile river

      May 2, 2012 at 09:55

      kemane aja mas?? emg gak pernah tau kalo kristen di timur tengah pake kerudung dan ibadahnya sholat??? kristen di arab itu ya sholat juga.. bukan hanya syiria. di mesir juga kristen koptik sholat..di Iran juga gereja2 tetap aman..apapun bentuk ritualnya, kalo maknanya adalah melakukan ibadah penyerahan diri kepada sang pencipta, entah namanya sholat, sembahyang, manembah.. ya maknanya sama aja. Ada baiknya bagi penulis, sebelum menulis artikel terlebih dahulu mempelajari fakta-fakta yang ada dan menyampaikan data yang akurat, bukan hanya pembahasan pada permukaan yang bisa menyebabkan permusuhan seperti artikel ini. >>tlg jangan di edit/di hapus biar fair, apa adanya & adil

      • Rain

        June 6, 2012 at 18:34

        nile river,
        kalo gak tahu islam lebih baik jgn ngomong deh….islam itu tdk diartikan dengan kerudung atau jilbab..kalo diarab jelas mereka pakai kerudung dan jilbab krn memang pakain mereka kayak gitu dari sononya itu utk melindungi mereka dari terik matahari.

        maksud artikel diatas hanya mengingatkan agar ummat islam tidak terkecoh dan ngikut cara KOS…..

      • TYO

        December 14, 2012 at 21:58

        nile river
        anda banyak omong nggak jelas bikin aku mau ketawa lihat orang sok tahu kaya anda.ambil dasar pembenaran kok dari kebiasaan orang kresten di timur tengah,dari kitab suci dong.

      • alvin

        March 6, 2013 at 10:50

        hahhahahahaha,,,,,,,,,,,,,,,ada-ada aja tu kristen KOS,masa agama nge(KOS) ga sekalian aja tu agama jd KRISTEN NGONTRAK hahahahddeewwwwwwwwwww……..dunia,,,,,dunia,,,,,!namanya kos kan pasti numpang tmpat orang sama kya agama ntu,,,ntu,,,,,

  3. Dodi

    May 2, 2012 at 11:42

    buat @Nile River dan @Muhaimin. Di Dalam Islam ada rukun Islam dan Rukun Iman. Ini standarisasi Aqidah Islam. Jelas Kristen Ortodo Syria ini menyimpang dan sangat berpotensi mengelabui umat muslim yang awam. Mereka memang sholat, tapi itu tidak lantas membuat mereka sama menjadi satu Aqidah dengan Islam. Penyimpangannya harus dibongkar agar umat bisa membedakan ajaran yang kafir dan ajaran Islam yang benar. Syahadat kristen ortodok syria berbeda dengan Islam, itu sudah gambaran bahwa mereka kafir dan bukan bagian dari Islam. berita seperti ini justru bagus dan gamblang mencerdaskan umat Islam. Ngak perlu nanya Sholat itu apa? ketika syahadatnya saja sudah berbeda…maka kafir tetaplah kafir.
    Good Job Underground Tauhid! LAWAN PLURALISME DAN PENYESATAN UMAT!

    • risni susanti

      July 18, 2012 at 14:12

      saya setuju pendapat anda…

    • uun sundara

      August 23, 2012 at 15:04

      sebagai sesama muslim ada kwajiban kita tuk saling mngingatkan.termasuk dari rong-rongan musuh2 islam.yaitu yahudi dan nasrani.brbgai cara mreka lakukn tuk mnghncurkn islam baik dari luar maupun dari dlm.tndakn KOS jls brbya trutama tuk orng2 awam.

    • TYO

      December 14, 2012 at 21:59

      sip pak bro

  4. Ernanda Gilang Ramadhan

    May 2, 2012 at 12:17

    Masya Allah

  5. Mick Rebel

    May 2, 2012 at 12:19

    Astagfirullah

  6. Iqbal Zamani

    May 2, 2012 at 12:20

    klo d lihat dari waktu2nya shalat 5waktu, dhuha, dan tahajud! wih ap2an ini ckckck

  7. Gusti Hamdan Mendikbud

    May 2, 2012 at 12:21

    wih menakutkan jg ya

  8. Ophu Kaka SoEkamtii

    May 2, 2012 at 12:22

    Subhanallah maha suci Allah ciptaanx

  9. Broer Kelly

    May 2, 2012 at 12:23

    Trim’s ya utk inpormasinya, qta hrus ttap menjga kberadaan qta, saudara & rqan qta dgn sling brtukar infimasi. Salam

  10. Jamel Mohammed

    May 2, 2012 at 12:24

    islam KTP dong bang?cuma sbts melksnkn tdk mendirikn sholat,

    • nile river

      May 2, 2012 at 13:33

      kok islam KTP? jelas2 mereka itu kristen syiria.. bukan islam. nah, kristen di timteng, bisa ente liat di gereja2 Mesir, Syiria, Kuwait, Iran..mereka juga ibadahnya sholat, wanita berjilbab dan yg laki pake peci juga. nah, mereka menjalani itu sejak islam belum ada di tanah arab lho.. coba tanya atau dtg lgsg deh kesana.. saya pernah ngobrol2 wkt saya ke Mesir.

      • Dodi

        May 2, 2012 at 13:43

        terus tujuan ente commen ngalur ngidul apa? mau nganggap Kristen Ortodok Syria Sebagai Salah Satu Mahzab Islam atau apa? commen ngak jelas aja mau asal jeplak. koplak!

      • zayin

        August 23, 2012 at 22:54

        @nile river: comment itu bulak balik itu aja.
        ketahuan gak ada dalil lain lagi… yah…

  11. Amran Lutfi Bin Ash

    May 2, 2012 at 12:26

    taktik yahudi memang pntar,berusaha memecah belah umat dgn berbagai cara…musuh sbnarnya umat islam hingga akhir jaman.

  12. Angga Purnatama

    May 2, 2012 at 12:28

    hidup makin rumit
    keadan makin buruk…
    Harus pintar2 memilih jalan agar tak terpuruk kelak…

    Hanya 1 yg hak…
    Al quran dan hadist
    jadikanlah pedoman hidup!

  13. Ahmad Aat

    May 2, 2012 at 12:28

    DI Kristen ada KOS, DI Yahudi ada SYIAH RAFIDHOH

  14. Cahaya Bintang Barat

    May 2, 2012 at 12:29

    sama sarung beda isi…tapi tetep lontong asli tanpa bahan pengawet dan bukan hasil jiplakan lah yg paling maknyus….stop piracy…..awas akidah aspal…jgn sampe kejerumus kite ke jilbaban tiang jemuran!

  15. Maulana Imron

    May 2, 2012 at 12:30

    Sholat itu tiang agama bagi orang yg bisa mengucapkan syahadat dan bisa mengamalkannya….
    #ade-ade aje cerite yeehhh…:)..

  16. Ainun

    May 2, 2012 at 14:53

    Islam,,kok ada underground,nya,,kaya musik,,,,,trus,,bagus kalau ibadah pake peci,krudung,,,,,KOS,,apa ini apa itu…..hhmmm..mau kristen ortodok,,mau kristen,,apa ke..yg penting.TUHANKU..ALLOH SUBHANAHHU WATAALA…..NABI,KU..MUHHAMAD.SAW..kita di dunia,bukan untuk saling membenci,agama,,tpi untuk belajar saling berbagi kebaikan.

    • turnip

      May 3, 2012 at 10:14

      setuju.
      gimana ceritanya tauhid ada undergroundnya, tapi btw, ni website permusuhan ya?
      mang kalo manusia g bergama islam itu kafir??
      kalo dia ngebantuuin orang, berbuat baik , dll, tapi g beragama islam pasti masuk neraka??
      cape deh

      • genta Mujahid

        May 4, 2012 at 14:45

        baca Al Qur’an dong, orang Kafir itu amalan baiknya dibalas lgsg di dunia. nanti tinggal siksaannya di neraka, karena mereka menolak berTuhan sama Allah dan mengakui Muhammad sbg Rasulullah. sdgkn org Islam itu di dunia diuji trs yg mana ujiannya itu merupakan pengampunan dosa dan ganti siksa neraka atas dosa2nya, kemudian setelah kiamat baru deh, org2 Muslim tnggl msk surga. Coba deh baca Al Qur’an sama kitab2 hadits yg bagus, yg disusun sama ulama’2 Muhadits yg mu’tabar…. :)

        • abadi

          June 9, 2012 at 15:58

          cara bicara kamu kamu kayak kamu itu tuhan aja

      • fun_three

        May 16, 2012 at 15:44

        Turnip:

        sorry, ente muslim bukan? kalo bukan ane kagak bakalan kasih komen dah.

        tp kalo ente muslim, ente udah tau kagak bedanya amal ibadah ama kebaikan? udah baca hujjah nya belon yg ngebedain 2 hal tsb? cape deh…

        trus kalo pake logika ente, bunda teresa masuk surga dong yeh? bwahahahahahaha…lucu ente.

        kalo ente emang ummatnya Rasululloh SAW, belajar ngaji lagi dan belajar kitab2 hadist yeh

      • dodol

        June 20, 2012 at 12:20

        judul website sih terserah. lihat isinya dulu baru komentar

      • TYO

        December 14, 2012 at 22:23

        TURNIP@cape hidupkah hahahahaha

    • TYO

      December 14, 2012 at 22:16

      ainun@kelihatan dari kata2 anda,anda tipe orang yang mementingkan diri sendiri egois tau apatys ,mungkin iman anda sudah kuat tapi apakah anda tidak berpikir untuk saudara2 muslim yang masih lemah imannya seperti saya ini.

  17. Syibromalisi

    May 2, 2012 at 17:14

    Asslammu’alaikum,
    akhi, ukhti, jangan gentar menyuarakan kebenaran.
    akan selalu ada hambatan dalam penegakkan keadilan.
    suara kan apa yang Allah perintahkan dan Nabi ajarkan.
    InsyaAllah penulis artikel di beri pahala atas pencerahan umat dalam artikel ini.
    ^_^

  18. Hanief

    May 4, 2012 at 06:24

    Masya Allah,, gmn ketka kristen Ortodoks ini tb2 menjadi imam sholat bersama Muslim,,
    Imamnya aja g d terima keimanannya,, gmn mw imamin sholat,,
    bahaya sekali,,,

  19. ahmad

    May 4, 2012 at 15:09

    nyimak

  20. angoes

    May 17, 2012 at 00:28

    Assalamu’alaikum untuk smwa saudara muslim, ana cuma mw menyampaikan aja…
    dan janganlah kalian berbantah-bantahan, yang menyebabkan kalian menjadi gentar dan hilang kekuatan kalian dan bersabarlah. (QS. al-Anfal:46)

    untuk admin..Jazakumullahu khairan katsir

    sebenarnya dr smwa komen diatas adalah benar adanya akan fakta…tp tolong, bagi masing2 komeners untuk lebih mengkaji secara mendalam terlebih dahulu sumber ilmunya, jangan sampai menimbulkan kesan taqlid pada kabar burung yg tersebar,…”Suara lebih indah daripada rupa”, semua memanglah fakta yang nyata dalam sejarah..tp tolong runutlah kembali sejauh mana sejarah itu berawal, jika perlu sertakan dasar dari sumber ilmunya, baru setelah itu sampaikan kepada umat, supaya tidak menjadi subhat yang menghambat aqidah dikemudian…

    “… dan seorang yang mempelajari ilmu dan mengajarkannya, serta rajin membaca Al-Qur’an. Maka ia pun didatangkan, kemudian diperlihatkan kenikmatan-kenikmatan yang telah diberikan kepadanya, maka ia pun mengakuinya. Allah berkata: ‘Apa yang kamu amalkan dengan nikmat-nikmat tersebut?’ Dia menjawab: ‘Saya mempelajari ilmu dan mempelajarinya, serta aku rajin membaca Al-Qur’an karena Engkau.’ Allah menjawab: ‘kamu telah berdusta!! Engkau mempelajari ilmu karena ingin dikatakan sebagai seorang yang ‘alim (berilmu), dan engkau rajin membaca Al-Qur’an supaya dikatakan dia adalah qari’, dan kamu telah dikatakan demikian.’ Maka dia diperintahkan diseret di atas wajah, kemudian dicampakkan ke dalam Neraka. …” [HR. Muslim 1905]

    Barakallahu fikum… salam ukhuwah

  21. Bidan rakyat jelata

    May 18, 2012 at 11:32

    :)

  22. rocker muslim

    May 20, 2012 at 11:54

    bahkan Yesus pun menyebut nama Tuhannya dgn: Allah
    bahkan gerakan rukuk & sujud diilhamin dr Bunda Maryam.

    kalo mrk melakukan gerakan sholat yg mirip dgn sholatnya muslim, so what?

    Kalo mrk menggunakan bahasa mirip Quran, so what? Apa yg aneh? Yesus sendiri menggunakan bahasa aramaic, serumpun dgn bahasa arab quraish. Lha wong bahasa ibrani juga mirip2.

    Sontoloyo nih tulisan. Ngga mutu! Berdasar ketololan, menebar kebencian. Hiiiy! Naudzubillahimindzaalik!

    • Faiq

      May 20, 2012 at 15:36

      “kalo mrk melakukan gerakan sholat yg mirip dgn sholatnya muslim, so what?”

      hahahaha! sumpah, kamu kayak belum pernah ikut pelajaran agama waktu SD!

      • rocker muslim

        May 21, 2012 at 11:54

        emang masalah gitu sholatnya mrk seperti sholatnya muslim?

        pun mereka berkiblat ke kabah juga masalah?

        apa yg ente pelajari di kurikulum SD? Relevansinya dgn tulisan ini?

        Yg nyambung om kalo berargumen! Minimal punya rasa malu dikit dlm melontarkan gagasan ngawur.

        Ini org pake hijab juga digugat, semprul nian! Bukan cuma kristen, bahkan yahudi juga begitu kan? So what?

        *Budayakan malu dlm berpikir. Dibaca umat nih!

        • Faruq

          May 21, 2012 at 21:14

          yang membedakan adalah keimanannya kepada sang KHALIQ, dan juga sujud mereka jelas salah….

          orang kristiani mengatakan bahwa ALLAH adalah ROH, roh yang dibalut dagng kemudian menjadi yesus sehingga yesus adalah wujud firman tuhan dalam bentuk manusia…

          jika ada membenarkan keimanan yang demikian maka perlu di pertanyakan keimanannya…

        • anonym

          June 5, 2012 at 20:08

          @rocker muslim
          sorry bro, tapi menurut saya itu masalah. mereka beda aqidah, tapi pelaksanaan ibadahnya sama, nanti orang-orang islam yang pemahamannya belum mendalam, bisa aja jadi ngikut ngikut. bahkan hal hal yg diatur dalam islam, bisa aja bagi orang yg ngikut-ngikut mereka anggap salah. bahaya kan?

    • Rain

      June 6, 2012 at 18:43

      he mas rocker muslim..
      bukan masalah so what ato so toy..ini artikel hanya utk mengingatkan yang muslim saja agar tdk terkecoh dan mengikuti KOS. bukan berarti kita melarang pake orang kristen pake jilbab ato melaksanakan ibadahnya seperti sholatnya muslim. itu hak mereka mau melakukan apa saja….

      Jangan sewot donk…kalau kamu muslim mestinya kamu bersyukur dengan adanya artikel ini…

      lain lagi kalo kamu non muslim…itu terserah kamu…ndak usah memaksa

    • metalhead muslim

      December 14, 2012 at 22:29

      jangan gitu mas rocker,kalau saya lihat maksud artikel ini bukan untuk menebar bibit permusuhan,tapi untuk membuka kebenaran,jadi biar orang2 muslim yang masih lemah imannya seperti saya ini gak terkecoh gitu lo

  23. ELO

    May 21, 2012 at 20:26

    Jawabannya simple mereka tidak mengimani Allah, yang mereka imani adalah ALLAH yang di balut DAGING (YESUS), lalu mereka menyebut ALLAH ITU ROH, sedangkan YESUS adalah WUJUD FIRMAN ALLAH… inilah yang membedakan…
    tahu kah antum mereka menganggap TUHAN dapat bersiul, dapat tertawa terbahak2, dapat bersorak… INIKAH WUJUD TUHAN? silahkan antum berdiskusi dengan mereka sekali2, biar PANDANGAN ANTUM TERBUKA LEBAR

    mereka pun tidak iman kepada RASULULLAH… YAH SETIDAKNYA DENGAN BERHIJABNYA MEREKA bila daulah KHILAFAH tegak nanti KHALIFAH tidak perlu susah2 nyruh KRISTIANI untuk berHIJAB….

    jika ANTUM muslim dan masih MEMBENARKAN keimanan tersebut mka patut di pertanyakan keimanan antum…

  24. Faruq

    May 21, 2012 at 21:16

    Al-Bukhaariy rahimahullah berkata :

    حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، قَالَ: سَمِعْتُ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” اعْتَدِلُوا فِي السُّجُودِ، وَلَا يَبْسُطْ أَحَدُكُمْ ذِرَاعَيْهِ انْبِسَاطَ الْكَلْبِ ”

    Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basyaar, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Syu’bah, ia berkata : Aku mendengar Qataadah, dari Anas, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “ Seimbanglah kalian ketika sujud, dan janganlah salah seorang di antara kalian meluruskan (menempelkan) kedua lengan/hastanya seperti anjing meluruskannya” [Shahiih Al-Bukhaariy no. 822].
    Hadits lain :

    حَدَّثَنَا هَنَّادٌ، حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنْ الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي سُفْيَانَ، عَنْ جَابِرٍ، أَنّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” إِذَا سَجَدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَعْتَدِلْ وَلَا يَفْتَرِشْ ذِرَاعَيْهِ افْتِرَاشَ الْكَلْبِ “.

    Telah menceritakan kepada kami Hannaad : Telah menceritakan kepada kami Abu Mu’aawiyyah, dari Al-A’masy, dari Abu Sufyaan, dari Jaabir : Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Apabila salah seorang di antara kalian sujud, janganlah membentangkan kedua lengannya seperti anjing membentangkannya” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 275; shahih lighairihi].

    حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ شُعَيْبِ بْنِ اللَّيْثِ، حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، حَدَّثَنَا اللَّيْثُ، عَنْ دَرَّاجٍ، عَنْ ابْنِ حُجَيْرَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” إِذَا سَجَدَ أَحَدُكُمْ فَلَا يَفْتَرِشْ يَدَيْهِ افْتِرَاشَ الْكَلْبِ وَلْيَضُمَّ فَخْذَيْهِ ”

    Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Malik bin Syu’aib bin Al-Laits : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb : Telah menceritakan kepada kami Al-Laits, dari Darraaj[1], dari Ibnu Hujairah, dari Abu Hurairah : Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Apabila salah seorang di antara kalian sujud, janganlah membentangkan kedua tangannya seperti anjing membentangkannya. Dan hendaklah ia merapatkan kedua pahanya” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 901; shahih lighairihi].

    حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ، عَنْ حُسَيْنٍ الْمُكْتِبِ، عَنْ بُدَيْلٍ، عَنْ أَبِي الْجَوْزَاءِ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: ” نَهَى النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَفْتَرِشَ أَحَدُنَا ذِرَاعَيْهِ افْتِرَاشَ السَّبُعِ ”

    Telah menceritakan kepada kami Yaziid bin Haaruun, dari Husain Al-Muktib, dari Budail, dari Abul-Jauzaa’, dari ‘Aaisyah, ia berkata : “Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah melarang kami membentangkan lengan kami seperti binatang buas membentangkannya” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 1/257-258; shahih].

    Para ulama berbeda pendapat tentang hukum menempelkan kedua lengan ketika shalat dan tidak mengangkatnya. Jumhur ulama dari kalangan Hanafiyyah[2], Maalikiyyah[3], Syaafi’iyyah[4], dan Hanaabilah[5] berpendapat makruh dilakukan, baik pada shalat fardlu maupun shalat sunnah. Adapun madzhab Ibnu Hazm menyatakan haram dan dapat membatalkan shalat bagi siapa saja yang melakukannya.[6]
    Kedua pihak berdalil dengan nash-nash yang sama sebagaimana disebutkan di atas. Yang raajih – wallaahu a’lam – adalah pendapat jumhur. Alasannya adalah sikap Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang menyamakan perbuatan itu dengan perbuatan anjing atau binatang buas. Dan asal dari hal tersebut menunjukkan kemakruhan.
    An-Nawawiy rahimahullah berkata :

    وَالْحِكْمَة فِي هَذَا أَنَّهُ أَشْبَه بِالتَّوَاضُعِ وَأَبْلَغ فِي تَمْكِين الْجَبْهَة وَالْأَنْف مِنْ الْأَرْض ، وَأَبْعَد مِنْ هَيْئَات الْكَسَالَى فَإِنَّ الْمُتَبَسِّط كَشَبَهِ الْكَلْب ، وَيُشْعِر حَاله بِالتَّهَاوُنِ بِالصَّلَاةِ ، وَقِلَّة الِاعْتِنَاء بِهَا وَالْإِقْبَال عَلَيْهَا . وَاَللَّه أَعْلَم

    “Dan hikmah dalam larangan ini adalah bahwasannya ia merupakan sikap tawadlu’, lebih memastikan dalam meletakkan dahi dan hidung ke tanah (ketika sujud), serta lebih jauh dari gaya orang-orang yang malas. Hal itu dikarenakan orang yang membentangkan/menempelkan kedua lengannya menyerupai anjing dan menunjukkan keadaan dirinya yang meremehkan shalat, sedikitnya perhatian kepadanya, dan ingin segera menyelesaikannya. Wallaahu a’lam” [Syarh An-Nawawiy, 4/209].

  25. Constantine

    May 22, 2012 at 09:47

    Gmana ya,, tu kristen koptik sebetulnya mau gaya ibadah apapun, mau nyontek atau misi niatan menjebak atao emang udah sejarah mereka gitu gaya ibadahnya,apapun lah alasananya, selain Islam adalah “sesat” dari dulu dari sononya wes titik! jadi maap2 kate.. konten d atas cuman buat bahan ketawaan gw doang, bukan sebuah ancaman buat gw.

    Jd klo ada orang goblok yg kejebak sama begituan.., gw cuma mengucapkan “selamat menikmati!”, sama halnya dengan orang “pinter” yg kejebak nyolot2an di forum ini, hollyshitt!! gak sadar klo loe semua d bikin ribut!

    • al fatih

      May 22, 2012 at 17:05

      yoo tidak boleh begitu juga,,,,, justru ketika kita membiarkan saudara kita dalam kebodohan ente yang nanggung dosa….. padahal kita tahu tapi tidak memberi tahu,,,,

      justru karena kita tahu kita wajib memberi tahu,,,, kalau pake logika berpikir seperti anda @constantine buat apa ada pesantren ada para syeikh ada para guru, biar saja umat cari sendiri,,, gitu kan?????

      menurut saya kalau ngomong hati2 saja,

  26. Dilla

    May 23, 2012 at 17:40

    Aku mungkin masih SMP. Mungkin imanku masih tipis. Mungkin dulu aku sempat meragukan eksistensi Tuhan. Tapi satu hal yang selalu aku junjung sejak dahulu: JANGAN PERNAH BERKOMENTAR ATAU MENGATAKAN HAL-HAL DENGAN CARA YANG MERENDAHKAN ORANG LAIN. Berbeda pendapat itu wajar, tapi haruskah kalian mentertawakan satu sama lain? Apa sih manfaatnya? Ngefek gitu sama hidup kalian? Penting ya? Tuhan itu TIDAK TIDUR. Allah Swt itu MAHA MENDENGAR dan MAHA MELIHAT (ada yang pernah ngebayangin gak kalau di surga ada internet? Kayaknya asik tuh yang udah masuk surga bisa fesbukan dan twitter-an #digampar). JAGA BAHASA. Beberapa dari kalian membicarakan soal pendidikan, TAPI KALIAN BERBICARA SEPERTI ORANG YANG TIDAK BERPENDIDIKAN. Maaf kalau aku frontal. Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  27. PIG

    May 24, 2012 at 22:21

    udah lah pada ribut aja
    jelas2 Tuhan umat KOS sama Tuhan’nya umat Islam kan beda
    di Islam kan jelas
    yang membedakan Muslim dengan yang kafir adalah sholatnya
    terserah mereka mo ibadah sambil joget
    pake baju mirip islam keq… ya bodo amat
    yang penting
    DILARANG MENYEBARKAN AGAMA KEPADA ORANG YANG SUDAH BERAGAMA!!

  28. Anti Liberal

    May 25, 2012 at 08:31

    Assalammualaikum..

    Mudah – mudahan Website Undergroundtauhid tetap Istiqomah, tidak tergiur oleh apapun,untuk berubah paham menjadi Liberal,,,ane liat sudah banyak orang – orang liberal yang juga ikut berpartisipasi dalam diskusi di web Ini,,

    ingat” Rasa takut tidak akan pernah membuat panjang umur kita..

    Maju terus Undergroundtauhid,

    #Indonesiatanpajil

  29. saynotoliberal

    May 26, 2012 at 11:27

    terusalah perjuangkan n menegakkan ammar ma’ruf nahi munkar, jgn pernah mundur sedikitpun, tegakan aqidah! kita ttp logis tp tetap beraqidah okayy :)

    #indonesiatanpajil

  30. Gayatri WM

    May 29, 2012 at 20:11

    Mbak-mbak dan mas-mas yang baik, sekte Kristen memang ada yang sholat. Orang Yahudi juga. Sholatnya mereka mirip kok dengan sholatnya orang Islam. Tatacara sholat ada kok dalam Alkitab.
    Kalian pikir Nabi Muhammad saw itu membawa agama baru? Baginda saw kan menyerukan untuk kembali ke agama Nabi Ibrahim (as), sebagai nabi paripurna yang melengkapi/menjadikan Agama kepada Allah sempurna. Jadi wajar dong kalau syariat dan tatacara ibadah umat Nabi Ibrahim (as) ada yang sama.Lagipula kenapa takut Kristenisasi oleh Ortodoks Suriah? Ortodoks Suriah itu sudah ada jauh lama sebelum Nabi Muhammad saw. Ingat peristiwa para pastor Najran yang menumpang sholat di mesjid dan diizinkan Rasulullah. Nah, sebelum komentar, baca dulu buku2 misalnya: “Islam in The Bible” karangan Thomas McElwain atau Syaikh Ali Haydar yg membuktikan bahwa para rasul dan nabi sebelum Rasulullah saw mengajarkan Islam termasuk solat dan puasa bahkan berziarah ke tanah suci (waktu itu Yerusalem). Jadi yang perlu adalah orang-orang Islam membuka wawasan dan pengetahuan bahwa “Islam yg kalian pikir adl hanya punya-nya Islam” itu ternyata belum tentu benar.

    • rianti

      October 12, 2012 at 01:16

      betul sekali gayatri , comment anda disini bagus sekali, semoga mereka tidak mengeluarkan kata2 yang menyinggung perasaan agama lain, kita ingin damai, bukan ingin perang, agama, iman adalah tanggung jawab pribadi kepada Tuhannya , sepanjang mereka tidak merugikan atau mengganggu kehidupan manusia lainnya. mengenai kos memakai bahasa arab itu karena mereka di tanah arab, lihat saja gereja2 di timur tengah , malah pernah kejadian seorang muslim masuk gereja (gedung gereja kebetulan tak boleh memakai salib) muslim itu mengira sedang ada sholat dimesjid, dia ikut masuk dan ikut upacara disitu hanyadia heran karena ritualnya agak beda dengan di mesjid, tapi dia memakai bahasa arab . ahirnya dia malu dan kaget karna dia masuk gereja. makanya perlu belajar arti bahasa arab. bahasa arab tidak untuk islam saja,

      • Dennie

        February 17, 2013 at 05:34

        mbak rianti saya gk punya agama lho tpi percaya Tuhan itu ada saya berdoa kepada Tuhan sujud menyembah kepada Tuhan, Tuhan tidak mungkin membiarkan orang yang meminta dan memohon kepada-Nya. SAYA ORANG YANG TIDAK BERAGAMA TAPI ADA KEDAMAIAN KARENA TUHAN. kenapa orang yg beragama tidak bisa berdamai?? jangan terlalul memikirkan agama. Utamakan Allah

  31. adria

    June 1, 2012 at 07:28

    Assalamualaikum.wr.wb.

    jika masih ada yang koment, “pada intinya semua agama itu sama, islam kristen mirip2 ato yg sejenisnya” dan yg nulis itu islam, Istighfar bro/sis iman antum labil berarti..buat yang non muslim, ga usah koment kalo cuma buat ngadu domba

  32. Madura punya

    June 2, 2012 at 23:06

    LHA WONG SUDAH DIJELASKAN DI AL QURAN KOK, BAHWA ALLAH MENURUNKAN WAHYU PERINTAH SHOLAT KEPADA NABI MUHAMMAD…BERARTI KAN ITU SUDAH PERTAMA KALI !!! MANA ADA SEBELUM ALLAH MEMERINTAHKAN SHOLAT KEPADA NABI MUHAMMAD, SUDAH ADA YG SHOLAT DULUAN?? NGARANG ITU…
    SEMUANYA SUDAH TERANGKUM LENGKAP DAN BENAR DI AL QURAN !

    GAK USAH KEBANYAKAN PROTES, LEK WANI MAJU O!

    • Syafi'I

      June 5, 2012 at 12:04

      hadeuh..kawan2 ini bicara apa toh..liat dari sejarah aja,mau islam atau kristen itu satu bapak dari abraham atau ibrahim..saya rasa di alquran atau alkitab juga ada itu..jadi kalian yang saling menghina kristen atau islam,apa diri kalian merasa lebih baik?sedangkan di masing2 kitab kalian aja dilarang untuk saling menghujatapa lagi islam dan kristen satu keturunan dari ibrahim atau abraham..saya setuju dengan mas Muhaimin,beliau bersifat netral dan berdasarkan fakta yang ada..jadi kalian yang fanatis berlebih tapi otak dan wawasannya NOL atau dari satu sisi aja,ga usah malah ikut memperkeruh,karena dimana2 IBLIS atau DAJAL yang suka memperkeruh dan menghancurkan umat manusia karena itu pekerjaannya..

      • anonym

        June 5, 2012 at 20:20

        kalau anda muslim baca comment saya: agama yg ada di sisi Allah itu cuma islam (al imran 19). dan maaf, dalam beragama itu kita memang harus fanatis dan menyeluruh. masa sama pedoman hidup kita setengah setengah. dan dari yang saya baca di tulisan di atas, tulisan tersebut gak menjelekkan pihak yg lain. tapi memberitahukan dan memberikan peringatan kepada agama islam. jadi tulisan tersebut bersikap netral.

        • Abdah liadara

          June 14, 2012 at 21:32

          Oh, fanatis ya…

          Emangnya Allah mengangkat derajat orang fanatis terhadap Islam. Setau saya Allah meridhoi orang yang shalihh dan bertakwa. Kalau orang fanatis banget tapi sifatnya sama seperti umat kristiani toh sama saja PERCUMA.

          Allah juga mengajarkan dalam Al-Quran untuk hidup saling Toleransi. Jadi harus mengerti itu agamu dan itu agamaku.

      • tomysek

        June 12, 2012 at 13:38

        SETUJU

  33. JaPuk

    June 5, 2012 at 18:46

    Islam Itu ada Rukunnya
    1. Syahadat
    2. SHALAT
    3. Puasa
    4. Zakat
    5. Haji
    Nah Dalam Syahadat itu Ada Pengikraran keyakinan dalam hati, diucapkan Dengan Lisan bahwa Tiada Ilah yang BerhaQ di ibadahi selain Allah, dan Muhammad Sebagai Rasul Allah.
    Jd Intinya Kalau Tuhannya bukan Allah dan nabinya Bukan Muhammad maka bukanlah bagian dari islam.

    Janganlah mencampurkan yang HAQ dan yang BATHIL.
    SESUNGGUHNYA AGAMA YANG DIRIDHOI DISISI ALLAH HANYALAH ISLAM.

  34. surya

    June 5, 2012 at 21:31

    Neko2 wae wong do komen, itu skenario yahudi yo cak…. ndak ada sejarah agama kristen itu sholat, ajaran yg murni dari adam sampai besok kiamat q yo gor ajaran tauhid yokui islam. Yang menganggap agama yahudi dan nasrani saat ini masih murni seperti dulu adalah orang bodoh bin bahlul alias goblok

  35. Eslam

    June 7, 2012 at 21:23

    kocak nih beruk-beruk eslam yang kaga open-minded taunya Arab cuma punya eslam kaga mau tau istilah solat asal istilah tata bahasanya dari mana, gereja orthodox ajarannya kayak apa, Syria bahasa sehari-harinya apa.
    makin keliatan aja bego sama kaga mau ngalah padahal udah dipukul telak pendapatnya.

  36. JaPuk

    June 8, 2012 at 00:35

    Mo tanya buat beruk ngeyel Bin Pinter yg coment diatas?

    Emang Kalo Sembahyang Gereja ortodox kaya gmn sih?
    Yg lngkap ya?

    Pake Wudhu ga?
    Tata cara wudhunya gimana?
    KIBLATnya Menghadap Kemana?
    Rukunnya apa?
    Bacaan setiap gerakan/posisinya apa?
    Berapa jumlah waktu sembhyangnya?
    Setiap waktu itu ada berapa rakaat?

    Segini dulu aja deh my question..
    ENTE jgn NGOTOT maksain Pendapat, tapi ente GA ADA BUKTI/DALIL bgmn TATA CARA Sembahyangnya Orang2 gereja syria itu.
    Inget ya ENTE MESTI PAKE BUKTI OR DALIL YG VALID!!! bukan PAKE NGOTOT N ASBOEN.

  37. kidnas

    June 9, 2012 at 23:37

    MAU MAUNYA DI ADU DOMBA…!!!

    YANG COMENT2 DI ATAS SEMUA DAH PADA KHATAM AL QURAN BELON?????

    DAH RAJIN SHOLATNYA BELON?????

  38. kidnas

    June 9, 2012 at 23:46

    INTI SARINYA ADALAH ARTIKEL INI SEKEDAR MENGINGATKAN KITA…
    BUKAN UNTUK MEMANCING PERSELISIHAN ANTAR UMAT BERAGAMA…

    ISLAM YAA ISLAM…
    NON ISLAM YAA NON ISLAM…

    MAKA DARI ITU KITA YANG ISLAM HARUS LEBIH BANYAK BELAJAR DAN MENDALAMI AGAMA KITA SENDIRI…

    BAGAIMANA KITA SHOLAT,BAGAIMANA KITA BERIBADAH DLL…
    JADI TIDAK SAMPAI KITA DI NON ISLAMKAN SECARA TIDAK SADAR OLEH PIHAK2 LAIN…

    INGAT KEJAHATAN BUKAN KARENA NIAT PELAKUNYA…
    TAPI KARENA ADA KESEMPATAN
    WASPADALAH…WASPADALAH…

    ((ssstttt….asal tau yaa ini coment pertama kali seumur hidup aku loo…. ))

  39. PANGERAN KOEBOE

    June 11, 2012 at 22:38

    LIBERAL SEH LIBERAL MAS..
    T***L NYA JANGAN DIPELIHARA..

    MANA ADA CERITANYA YAHUDI ITU SHOLAT, NGELAWAK SAMPEAN..

  40. tomysek

    June 12, 2012 at 13:35

    Yaelaaaaahhhhh, ngapain sih ngurusin oang lain……..

    mau dia sholat kek mau nggak kek, mau kristen kek, mau islam kek, ya biarin aja

    stop ngurusin orang lain, dan mulai mengukur diri sendiri

  41. fish

    June 12, 2012 at 18:01

    Dimana-mana, kalo ngebahas tentang islam, pasti banyak klonengan agama lain yang pura2 jadi islam tapi melontarkan komen yang ngelawan Islam. Di agama lain, munafik itu gak haram kali ya…

    Belum pernah liat umat Islam yang iseng masuk situ berbau agama lain terus mencak2. semoga Allah menjaga akhlak kita semua. aamiin…

  42. yudha

    June 20, 2012 at 13:29

    wah rame nih….

    • yudha

      June 20, 2012 at 13:31

      http://id.wikipedia.org/wiki/Salat_tujuh_waktu

      kita ambil positifnya aja

      orang sono aja sholanya 7 kali , kita(muslim) sholat 5 x aja berat itupun banyak yang bolong2, seharusnya instropeksi diri minimal yang bolong di genapin lah, dan ditambahin sholat-sholat sunnah

      regards,

  43. dosanit

    June 20, 2012 at 19:18

    dimohon perhatiannya…
    dri beberapa page (di fb) dan situs islami yang ane perhatikan, telah mulai diracuni oleh komen2 yg tidak pada tempatnya, jika tidak bisa dikatakan isinya melecehkan atau kurang ajar. ini harus jadi perhatian bagi kita semua, terutama admin yth. jangan nanti kesan yg timbul adalah antara kita saling men-jelek2-an dan tidak berlaku santun.

  44. hidayah tidak ternilai harganya

    June 20, 2012 at 23:46

    jangan berdebat apalagi lewat komenan,,,
    info diatas sangat membantu dan yang comment yg tidak pro atas tulisan diatas sangat dimaklumi karena niat mencegah pertikaian antara islam dan kristen…karena info ini bersifat umum untuk semua kalangan yang bisa masuk ke tulisan ini baik kristen maupun islam..biar tidak saling menghujat
    bagi ana islam adalah agama sempurna
    dan al-qur’an adalah kitab yang menyempurnakan kitab-kitab sebelumnya termasuk injil(bukan injil sekarang sudah ada perubahan).
    seperti islam di indonesia , asimilasi kebudayaan hindu di islam masih sedikit terasa walaupun tidak kentara..diibaratkan kos tdi tp tdk 100% sama

    mari kita semua memperbaiki diri kita sendiri ,dan menjadi asbab hidayah bagi orang lain

    tempatkan suatu pada tempatnya

  45. Snipey

    July 5, 2012 at 15:23

    Agama Kristen dan Yahudi itu sdh ada jauh sebelum Islam ada.
    Bahkan jauh sebelum Muhammad dan kaumnya menyembah Tuhan yg Tauhid.

    Jadi kalau memang ibadah mereka di Timur Tengah ada sujud, rukuh, kiblat, berbahasa Arab, ada zikir ada takbir, menyembah illah yg esa. Lalu, di tempat yg sama 500-600 tahun kemudian datanglah agama Islam yg kemudian juga ada rukuh-sujud-kiblat-bahasa Arab-zikir-takbir menyembah illah bernama Allah…. Kira-kira siapa sih yg meniru siapa? Yang kedua, beda banget lah, ente kagak usah kuatir kaum kristen itu mirip Islam atau sengaja memirip-miripkan diri dgn islam — [percaya deh...beda!]

    • bendera islam

      August 24, 2012 at 07:55

      siapa blang ,,,, baca sejarah bagai mana bahasa ibrohim ? ,,, bagaimana bahasa ISa ,,, Bagai mana Bahsa Daud ,,, pake bahasa Arab kah???? KOnyol dikau :P ,,,,, mereka dengan bahasa mereka sendiri ,,,, nabi Muhamad saw, di turunkan di Arab ,,,, maka pake bahasa Arab. takbir tahmid dzikir berbeda dngan nabi sebelumnya. JANGAN ASAL JEPLAK. …… intinya berbedalah mereka dengan kita orang islam.

      sesungguhnya mereka sedang berbuat dholim.

  46. Fuckthepolice

    July 15, 2012 at 14:57

    sorry, numpang nyampahh dsini ….
    si penulis cuma menyampaikan apa yg dia ketahui saja…
    bukan memprovokasi, atau menebar kebencian atau apalah namanya…
    gue muslim mulai orok karena ortu gue muslim dan setelah kuliah
    gue pikir² memang cuman Islam yg masuk dalam logika gue, yg laen udah expired (sorry no offense) tapi gue juga berteman dengan banyak teman yg beragama lain ataupun yg anti tuhan juga ada…
    kita tetap punya hak yg sama sebagai manusia, asal jangan pernah melanggar atau menyakiti hak² manusia lainnya…

    yg tersinggunglah melalui komentarnya berusaha mengadu domba kita…
    kita tetap satu Indonesia…

  47. ibnu elan

    August 8, 2012 at 01:14

    Assalammu’alaikum. Maaf mau ikut sedikit berbagi ilmu, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Dalam Islam, shalat mempunyai syarat-syarat dan rukun-rukun yang harus ditepati, dan bila tidak maka shalat itu tidak sah atau diterima.
    Syarat-syarat yang harus ditepati adalah:
    1. Beragama islam, yang tidak beragama Islam tidak diwajibkan shalat
    2. Suci dari kotoran, haid dan nifas
    3. Berakal
    4. Baligh atau dewasa
    5. Telah sampai dakwah (Perintah Rasulullah SAW kepadanya)
    6. Sadar, tidak mabuk, tidur dan gila
    Sedangkan rukun-rukun yang harus ditepati dibagi 3 yaitu:
    1. Rukun hati, yaitu niat ikhlas karena Allah SWT
    2. Rukun ucapan, terdiri dari
    a. Membaca Allahu Akbar
    b. Membaca Surat Al Fatihah
    c. Membaca tasyahud akhir
    d. Mambaca Shalawat atas Nabi Muhammad SAW
    3. Rukun gerakan, yaitu:
    a. Berdiri bagi yang mampu
    b. Rukuk
    c. I,tidal
    d. Sujud
    e. Duduk diantara dua sujud
    f. Duduk tasyahud akhir
    g. Memberi salam yang pertama (ke kanan)
    h. Menertibkan rukun.
    Jikapun ada umat agama lain yang secara lahiriah “melaksanakan gerakan shalat”, sudahkah ia menepati syarat dan rukun-rukun yang lain, seperti niat ikhlas karena Allah, mengucap Allahu Akbar, membaca surat Al Fatihah, membaca Shalawat atas Nabi Muhammad SAW?
    Wallahu’alam..

    • Arkleg

      November 24, 2012 at 15:18

      Saya rasa tidak mungkin menepati syarat2 itu karena mereka memang bukan Muslim, hanya saja ibadahnya mirip dengan istilah Islam seperti Sholat atau shalat, hanya kita tidak tau apa memang sudah dari awalnya ajarannya begitu atau memang ada faktor kesengajaan.. hanya Allah S.W.T yang Maha Mengetahui…

  48. fata

    August 23, 2012 at 21:11

    mereka buka kita,kita bukan mereka,mereka ya mereka,kita ya kita,

  49. indra

    August 23, 2012 at 21:48

    SEJAK NABI ADAM DI JADIKAN KHALIFAH PERTAMA DI MUKA BUMI INI OLEH ALLOH, MAKA SEJAK ITULAH MULAI DITURUNKAN AGAMA ALLOH..ISLAM.. JGN TERKECOH MAU TERKECOH DGN CERITA SEJARAH KAUM YAHUDI, NASRANI, MAJUSI DAN MUNAFIQ…MRK MENYEMBUNYIKAN SEJARAH ISLAM YG SEBENARNYA..

  50. yackukeren

    August 24, 2012 at 09:22

    MOHON JUDUL DIBACA KEMBALI
    Artikel ini hanya UNTUK umat ISLAM agar berhati-hati,biar tidak terjebak.
    Untuk yg non muslim “Agamamu agamamu….Agamaku Agamaku”
    Untuk yg liberal murtad murtad aja skalian,gak perlu “mengOBOK-OBOK” Agama ALLAH.

  51. abu jaisy ridhwanullah

    August 24, 2012 at 15:30

    Akhir-akhir ini banyak bermunculan pemikiran-pemikiran sesat dan nyeleneh yang dimunculkan oleh orang-orang kafir dari kalangan Yahudi, Nasrani dan sebagian kaum zindiq yang mengaku muslim. Pemikiran-pemikiran seperti ini bukanlah hal yang baru. Sebab sejak zaman dahulu, ide tersebut juga telah mencuat ke permukaan.

    http://citizen.fimadani.com/journal/2012/08/24/menelusuri-akar-pemikiran-kaum-liberal/

  52. love

    August 26, 2012 at 00:20

    for all
    jgn beradu argumen, apalagi ada kata2 yg tidak pantas diucapkan seorang muslim kepada sesama.
    sebelum kita menghujat, coba kita perhatikan diri kita
    tentu masih banyak kekurangannya
    walaupun berbeda keyakinan, hargai mereka tanpa mencampur adukkan yang 1 dengan yang lainnya.
    kita harus memberikan informasi kepada yg tdk th, bahwa mereka beribadah dengan gerakkan seperti shalat.
    bagi mereka yang telah paham dan tahu shalat, mungkin tdk jd masalah.
    tapi bagaimana dengan saudara2 kita yg tdk th sama sekali atau tdk mengerti, bisa berbahaya buat mereka, dan berbahaya bagi kita, karena kita th tetapi tidak memberi th.
    so…, jangan bertengkar
    tebarkan ilmu dan pengetahuan tanpa rasa dendam dan dengki, namun tetap waspada….!!!

  53. Indon slave

    October 7, 2012 at 00:25

    Kita semua putera indonesia, apapun agama kalian.. kalian adalah generasi terjajah! Agar dikaburkan dari sejarahnya sendiri, di jauhkan dari bahasa ibu kalian, diburamkan dari cermin untuk mengenali siapa diri kalian semua! Merenunglah! mangapa nama-nama kalian pun bukan dari bahasa bangsa kalian! Tak sadarkah kalian? Kekayaan alam, tenaga dan fikiran kalian di eksplorasi dengan murah! Lihatlah keluar! Semua bangsa-bangsa besar adalah mereka yang menjaga eksistensi diri dan unsur2 asli bangsanya! Hahahaha… kalian sekumpulan ternak yang tidak sadar sedang di giring ke tempat pemangkasan dan penyembelihan… Bulu, kulit, darah dan daging kalian sedang di korbankan oleh mereka ORANG ASING!!!! hahahahaha

  54. Dante

    October 12, 2012 at 12:25

    Mau dibungkus pake jilbab, baju koko, nasyid, dll, yang palsu tetap aja palsu. Kepalsuan cuma bisa ngebohongi orang yang nggak ngerti.

  55. eeeaaaa

    October 12, 2012 at 23:05

    Katanya Yesus dibunuh Yahudi..

    Terus yg ngajari sholat, puasa siapa ?

    Jin iprit kah atau, genderuwo ? :)

  56. dicky

    November 16, 2012 at 07:29

    Ini yg komen kbnyakan disusupi oleh umat kristen ortodok sndiri,,sadarlah kalian,saya baca 1 persatu koment trnyata kaum ortodok sndiri yg bnyak komen,sprti contoh si muhaimin,,tobatlah laknatulah ,ney page kan mnganjurkan kita brhati2 buat umat muslim’smoga allah mmberikan hidayah kpd kalian smua .

    • Dennie

      February 17, 2013 at 05:27

      mas saya gk punya agama lho tpi saya percaya Allah itu ada saya berdoa Allah pun dengar. Allah maha pemurah pengasih dan penyayang meski gk ada agama tpi kita mengasihi dan menyembah sujud. Allah gk tanggung2 memeberi anugerah-Nya. kenapa kalian yg beragama pada banyak ribut ya hati anda tidak ada kedamaian hanya memikirkan agama. kedamaian itu mengutamakan Tuhan. ngertiiiii…. tidaaaakkkk???

  57. hamba Allah

    November 17, 2012 at 12:54

    all, jang pd tekecoh karena pancingan2 kaum yg mengadu domba….. yg ad kalian malah ribut, n dsana mereka tertawa dengan senangnya melihat kita yg sibuk dengan coment2 kita sendiri…. yg pnting ttp istiqomah, menjaga dri kita,dan jgn lupa saling mengingatkan ..

  58. hamba_MU

    November 17, 2012 at 13:01

    ALL, jangan pada terkecoh sm pancingan2 kaum yang mengadu domba yg ada kalian jd sewot n ribut sendiri, dan dsana mrka tertwa dgn senangny melihat coment2 kta yg mulai memanas.. so tetap istiqomah, mnjg dri kta n jgn lpa ttp saling mengingatkan……..

  59. Arkleg

    November 24, 2012 at 15:02

    Sepanjang mereka tidak menamakan dirinya seorang muslim/islam dan tidak mengganggu ya biarkan saja itu hak mereka dan memang itu kepercayaan agama mereka, pegangan umat muslim adalah Al-Quran dan Hadizt yang jelas berbeda dengan mereka… lain halnya kalau mereka adalah jelas jelas musuh Islam maka harus di waspadai… :)

    • Dennie

      February 17, 2013 at 05:22

      iya islam itu paling nomor satu, islam itu agama terkuat, islam itu berkuasa di dunia, islam itu terlalu menebar pesona. jangan pernah merasa jadi orang benar kalo masih berbuat dosa ya jangan pernah menganggap agama lain itu buruk. intropeksi ajalah Nabi Muhammad luar biasa dia pembawa kedamaian tidak mengajarkan kekerasan. semenjak Nabi Muhammad wafat islam pecaaaahhh…….

  60. wong edan

    December 27, 2012 at 00:05

    ciyussss………………….kalo sluruh umat manusia agamanya sama apakah kedamaian akan tercapai dimuka bumi….??????
    Hargailah setiap perbedaan,krn kita memang tercipta berbeda……
    Namun jgn jadikan perbedaan sbgai pemecah persaudaraan kita sbg umat manusia……..
    Ingatlah……..
    Entah apapun agama kalian……
    Mau islam……..
    Mau kristen…….
    Mau hindu………
    Mau budha……..
    Mau yahudi………..
    Minumnya tetep……….
    “TEH BOTOL SOSROOO”

    • Admin Underground Tauhid

      December 27, 2012 at 13:02

      :)
      tolong dibaca lagi dong, wong edan…
      justru itu umat Islam menghargai perbedaan, maka dari itu jangan sampai ada agama lain yang nyrobot/merebut tata cara ibadah umat Islam demi kepentingan tertentu. beribadahlah menurut agama masing2. jangan mencampur adukkan ajaran agama yang sudah jelas berbeda satu sama lain.
      semoga lekas sembuh, dan salam olah raga!
      :)

  61. wong djowo

    January 27, 2013 at 01:01

    sebagian dari kalian disini adalah orientalis. Dan hampir semua dr kalian itu sekuler. Mungkin termasuk saya. Tp ya silahkan berdebat,,,, gak ada buruknya kok.

  62. Dennie

    February 17, 2013 at 05:16

    spertinya ada yang sholat sekedar sholat gk fokus yg penting sholat, bisa ngaji yg penting bisa baca tulisan arab tpi gk tau artinya.

  63. Joni

    February 17, 2013 at 13:32

    Wah gk paham sejarah kristen ortodoks nih, memang mereka sholat tuh, ngapain pake hati2 segala, aya2 wae anda, justru sebagai muslim itu dapat memperkuat keyakinan kalau para Nabi terdahulu itu memang membawa ajaran yang sama.

  64. james

    February 17, 2013 at 14:35

    intinya sederhana. tulisan ini pengen orang Islam bisa bedakan bahwa ada aliran kafir bernama Kristen Ortodok Syria yang dalam ajarannya juga terdapat aturan sholat. namun sholatnya orang kristen ortodok syria bukan berarti sama dengan Islam. jelas berita ini sangat baik untuk pembaca kalangan Islam. adapun orang yang membela habis-habisan kristen ortodok dan ingin agar sholat kelompok kafir itu jadi sama dengan Islam adalah misionaris yang mencoba memutarbalikan fakta di forum ini,

    silahkan saja kristen ortodok syria sholat kalau memang itu bagian dari aturan agamanya. tapi itu tidak lantas membuat kalian sama dengan ISLAM. hati-hati…ini pemurtadan terselubung. Umat islam harus cerdas

  65. buenaventura

    March 14, 2013 at 14:55

    saya kristen orthodox… tp bukan syria… saya kristen orthodox dibawah lindungan Uskup Rusia… sapa bilang sholat orthodox mirip Islam? sholat sudah dilakukan oleh orang kristen sejak 2000 tahun yg lalu semenjak kristen lahir dari akar yahudi…
    jangan kaget ya…. ini rusia…bukan timur tengah…

    http://static4.demotix.com/sites/default/files/imagecache/a_scale_large/000-7/photos/53147.jpg
    http://www.pravmir.com/wp-content/uploads/2012/02/74236082_4.jpg
    http://www.russiablog.org/WomenIconsPatriarchAlexy.jpg
    http://seattletimes.nwsource.com/ABPub/2012/06/03/2018350192.jpg
    http://24.media.tumblr.com/tumblr_lzjm34WVO91qhu6lfo1_500.jpg

    • bulu

      March 20, 2013 at 06:50

      foto bagus…. mmg harus begitu… krn sumber perintah kan satu (allah) pastila sama… :) cuma yg jadi masalah ada pegeseran dari perintah awal… waktu perintah pertama kali turun kepada isa putra maryam… banyak penebab pergesaran itu… :) dan pergeseran itu makin lama makin jauh… sehingga bukan lagi bergeser tapi menyimpang dari perintah awal… karenanya allah kirim lagi utusan…. kebetulan muhammad namanya… dan perihal akan datangnya utusan selanjutnya juga sdh dikasih tau di dalam alkitab.
      terimakasih kepada allah … nih si muhammad bukan sok jago…. bukan minta diangkat jadi raja… si muhammad hanya mengikuti perintah allah untuk meluruskan kembali perintah dari allah…. memperbaiki akhlak orang2 kebanyakan… :)
      bagusla kalo semua nasrani mau berkerudung.. semua nasrani mau shalat… semoga nanti nasrani juga mau mengakui kembali bahwa isa putra maryam adalah manusia biasa utusan tuhan tidak lebih tidak kurang…. sama seperti muhammad…. hanya manusia biasa yang berkulit dan berdaging dan mati…. :) kemulyaan hanya milik allah semata tuhan semesta alam… tiada yang sebanding dengannya… :)

  66. Istiyarto

    April 9, 2013 at 09:00

    Assalamu’alaikum Wr. Wb

    Beh, kok pada gontok-gontokan, sebagai muslim yuk berdoa ke Allah supaya ditunjukkan mana yang benar, Allah selalu membela yang benar baik di dunia dan di akherat hanya masalah waktu saja,
    OK mas bro dan mbak bro yang seiman dengan saya, sudahlah gak usah gontok-gontokkan, Kita doakan aja supaya mereka yang salah di rahmati hidayah oleh Allah dan bagi kita yang sudah mendapatkan hidayah mari memohon agar Allah menguatkan keimanan kita pada Islam yang kita yakini sebagai agama paling BENAR,
    OK
    Wasallamu’alaikum wr wb

  67. Muslimin

    April 9, 2013 at 11:51

    yang penting yang muslim solat sesuai tuntunan Rasul SAW..yang salah itu yang nggak solat

  68. coddo

    April 10, 2013 at 09:55

    Kristen ko’ banyak banget sih modelnya, sebenarnya yg benar itu kristen mana, yg sholat ato yg ga sholat?

  69. Priyayi

    May 1, 2013 at 11:15

    hee, saya sebagai seorang muslim, ga heran dengan solatnya nasrani atau yahudi.
    alkhamdulillah mereka masih solat.
    lagian semua nabi utusan Allah pasti mengajarkan solat untuk cara menyembah kepada ALllah ta’ala. tapi karena dari jaman ke jaman pola pikir manusia selalu berkembang. maka nabi pun ikutan di update. dan jelas yang paling akhir adalah nabi Muhammad, hal inilah yang diingkari bagi kawan-kawan kita sebelumnya.

    dan untuk meluaskan pola pikir bagi teman-teman muslim, tapi jangan marah dulu ya bro :
    1. ada riwayat saat Muhammad isroq miroj, beliau sempat mengimami (bukan mengajari lho…) solat bersama nabi-nabi lain berarti dalam hal ini solat juga pernah dilakukan pada jaman nabi sebelumnya.

    2. Muhammad sempat bolak-balik menghadap Allah untuk meminta dispensasi jumlah solat, yang artinya solat juga pernah dilakukan pada jaman nabi sebelumnya dengan jumlah rekaat yang lebih banyak tentunya (mungkin karena faktor usia jaman sekarang yang semakin menyusut kali ya….heee).

    3. ini agak sensitif nih, tapi Insya Allah gapapa, ga ada yang dirugikan menurut saya.
    Begini surat al Isroq ayat 1 ada yang menerjemahkan bahwa yang diceritakan di dalam surat itu bukanlah nabi Muhammad saja. bahkan ada yang menerjemahkan ayat itu adalah diperuntukan bagi nabi musa(coba lihat ayat ke 2 dan seterusnya…disitu yang dibahas selanjutnya mengenai bani Israel), jadi janganlah marah dan egois, bukan hanya nabi Muhammad saja yang isroq miroj. namun seluruh Rosul(bukan nabi ya…karena nabi banyak dan rosul hanya ada 5) melakukan isroq miroj untuk menerima perintah solat bagi kaumnya. sedang riwayat isroq miroj nabi muhammad hanya ada di Hadist Qudsti.

    4. memang benar solat pemisah antara muslim dan kafir. sedangkan arti kafir sendiri adalah tidak bertuhan(dalam hal ini kafir qurais penyembah batu) bukan nasrani dan yahudi lho…

    Perbedaan utama muslim muhammad dengan yang sebelumnya hanyalah mereka menyangkal akan datangnya Nabi terakhir yaitu Nabi Muhammad. dan itu sudah dijawab di dalam Alquran dan hadist bahwa yang akan menjelaskan dan menjawab kegalauan mereka itu pada saat nabi Isa diturunkan (saya bilang diturunkan berarti ada yang berkuasa menurunkan yaitu Allah) untuk kembali ke bumi.

    dan ingat setiap peninggalan kitab yang diturunkan pada rosul-rosul terdahulu sudah diupdate sendiri oleh Allah melalui Alquran yang dibawa oleh Nabi Muhammad. bukan updatetan ahli-ahli kitab sebelumnya yang mengingkari Muhammad sebagai pembawa petunjuk bagi orang-orang yang telah sesat dan disesatkan.

    Logikanya…
    apakah kalian masih percaya pada ahli-hali kitab anda yang mengajarkan bahwa Isa atau Musa adalah Nabi terakhir? Kalian percaya adanya nabi sebelumnya, namun siapa yang terakhir? padahal jaman dulu tidak ada database atau pencatatan buku/kitab yang terjaga kemurniannya. sekarang saja buku bisa diedit sana kemari ga tau sapa yang menerbitkan. dan dari jaman dahulu ada berapa banyak redaksi dan kontributor dalam penyebaran kitab-kitab kalian sebelumnya?
    kalau Alquran jelas dijamin kemurniannya melalui Hafidz (Hapal Quran) dari dulu sampai sekarang.
    apakah kalian punya Hafidz?

    Ingat Allah itu hanya satu. solat hanya untuk Allah bukan untuk nabinya.
    dan Akuilah bahwa Muhammad adalah utusan Allah. utusan terakhir di akhir jaman ini.

    jika masih tidak terima, silahkan tunggu sampai nabi Isa DITURUNKAN oleh Allah ke bumi. atau sekalian saja sampai menunggu hari kiamat datang.heee

    wassalam

  70. enny

    May 21, 2013 at 11:36

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh….
    Terimaksih Priyayi….yang anda ungkapkan adalah yang benar. Dan untuk “coddo”…ketahuilah…bahwa Tidak Ada Agama Yang Benar Di sisi Allah SWT melainkan ISLAM. Jadi tidak ada kristen yang mana yang paling benar, semua agama itu benar hanya menurut pemeluknya saja. Sedangkan menurut Allah ‘Ajja Wajalla( Yang Maha Tak Terukur Kekuasaan-Nya), ISLAM adalah satu-satunya agama yang benar.
    Hayoooo…..masih mau nawar lagi…..Ini yang bilang Pencipta Alam Raya Looohhhh….bukan manusia atau Pendeta atau Kiai atau ustad….he he he……………

  71. roofi

    June 21, 2013 at 13:43

    Gak pake dalil juga mereka dapat dibantah, apalagi pakai dalil… Sya membaca beberapa komentar diatas ada yg menyelipkan ide pluralisme, klw para komen mw pergi ke roma, biasanya kalian pergi ke arah mana dulu ke selatan/utara/barat/timur? arah manapun yg penting sampai ke roma. Pandangan seorg plural -+ seperti itu. Tetapi jgn samakan Allah itu Roma, krn beribadah kpd Allah harus sesuai ketentuan hukum syara (al-qur’an dan al-hadits). Apakah Ia kan ridho menerima ibadah seperti mereka (KOS)? Tentu tidak, amalan mereka ibarat fatamorgana, dipandang dari jauh indah tetapi ketika didekati hilang entah kmana…

  72. Zoel

    June 25, 2013 at 00:36

    Nilah tanda2 akhir jaman,,,,jahudi n nasrani smangkin mngada2,,,supaya umat muslim bingung mereka sibuk trus melakukan propaganda,,,sm s/i isu teroris yg mereka sebarkan d dunia,,,
    dr zaman adam sampai nabi muhammad SAW,,,smua nabi mngajarkan mnyembah tuhan,,,mn da agama nasrani/kristen ni agama yg d buat2 ntuk kepentingan para pendeta n kerajaan roma saat tu,,,mn da nabi yg mnganjurkan sholat sbelum nabi muhammad,,,karna perintah sholat datang setelah isra’ mikrajnya,,,mngada2 jahudi tu danya sholat sbelum nabi muhammad,,,nabi isa bkan jesus,,,camkan tu…n nabi isa mnyuruh mnyembah tuhan,,,ajaran yg d bawanya pun islam bkan kristen,,,

  73. LiSar

    July 7, 2013 at 16:01

    Semua menyampaikan kebenarannya sendiri2. Ibadah bs berbeda krn ibadah adalah ekspresi manusia menyembah Allahnya. Yg membedakan adalah imannya. Islam percaya dan mengaku nabinya muhammad sedang kristen percaya dan mengaku bahwa Yesus Kristus (Isa Almasih) adalah Tuhan. Jd disini ndak perlu ribut dan bingung. Pegang iman percaya anda. Pertanyaan saya buat kalian semua apapun agama dan cara ibadah anda : kalo kamu mati apakah kamu pasti masuk surga…? Jawablah dgn tegas dan alasan yg tegas. Krn surga milik org yg punya iman bkn yg ragu-ragu. Salam

  74. doris

    December 19, 2013 at 09:16

    sebernarnya shalat itu sudah ada sebelum islam…hanya saja islam di Indonesia yg terlalu fanatik…krn belum tau saja…islam itu pecahan dari Kristen Ortodoks koptik pengikut Markus murid kristus….itulah..Sejarah Gereja Purba/kuno yg masih bertahan.

    • Anugra Qomar Febri

      December 19, 2013 at 09:30

      sok tahu lu doris!

      • allfarezy

        January 27, 2014 at 02:15

        >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> Nyimak <<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>> Jangan Sampai Jambak ya, Ntar Saya Tangkap hoo<<<<<<<<<<

  75. opass

    January 14, 2014 at 22:41

    alhamdulillah, hal ini menandakan islam itu benar… umat manusia dimana pun yg bersyahdat dan menjalankan syariat islam sudah berada dijalan yg lurus lagi benar, terbukti islam datang sebagi penyempurna ajaran nabi2 sebelum Muhammad SAW, ibarat kata manusia sama2 makan sayur,tahu/tempe,daging,nasi/roti & telur tapi lum sempurna kalo belum minum susu… itu lah islam sebagai penyempurna. mari mulai saat ini jgn pernah tinggal solat lagi.

  76. ga

    February 21, 2014 at 07:38

    Syriac Orthodox Church sudah ada sejak tahun 451. Segala bentuk tulisan, logo, ajaran, cara ibadah, dll sudah ada & dilakukan jauh sebelum nabi Muhammad lahir di Mekkah, 20 April 570.

  77. avelee

    March 11, 2014 at 14:40

    overall,, kenapa yang berhubungan dengan negara timur tengah selalu dikaitkan dengan islam? Kristen disana pun kalo ngobrol pake bahasa arab. Dan hebatnya, islam di sana tuh ngehargain kristen di sana. Ga kaya disini. Otak kosong aja banyak omong. Orang kristen disana kalo doa Bapa Kami ya pake basa arab. Plis deh. Pikirannya jangan dangkal2 banget dong. Malu2in tau.senengannya nyari kesalahan agama laen mulu. Ngga punya salah, dibikin hoax. Maunya apa sih? Agama lain aja ga perna ngurusin kalian, lah kalian kaya ga punya kerjaan aja. Kalo ga punya kerjaan, sini ngepel di rumah gw.

    • Destroyer

      March 13, 2014 at 19:12

      Halah kaya umat lo suci aja! Umat lo tu lebih dulu hina-hina Islam contohnya FFI

  78. penulisan surat lamaran kerja

    April 8, 2014 at 23:10

    terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat bagi kita untuk selalu wasapada

  79. Sabdo Palon

    April 23, 2014 at 17:33

    Allah berfirman dalam surat al Kafirun,
    لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ
    Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku. (QS Al Kafirun: 6)
    Sebagian orang menafsirkan ayat ini dengan sembarangan. Mereka mengatakan ayat ini memerintahkan untuk bertoleransi dalam agama. Boleh memilih diantara agama-agama yang ada (????). Tentu ini adalah penafsiran yang salah dan jauh sekali dari kebenaran. Makna yang benar ayat ini adalah pernyataan berlepas diri dari orang-orang kafir. Dan juga pernyataan batilnya agama mereka. Agama mereka (orang-orang kafir) tidak sama dengan agama kita(orang-orang mukmin). Serupa dengan ayat ini adalah firman Allah ta’ala,
    فَمَن شَاء فَلْيُؤْمِن وَمَن شَاء فَلْيَكْفُرْ
    Maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir (QS Al Kahfi: 29)
    Apakah ayat ini menunjukkan pilihan? Yaitu bahwa boleh beriman dan boleh tidak??? Tentu tidak demikian. Ayat ini menunjukkan atas sikap berlepas diri dari mereka. Biarkan jika ada yang tidak mau beriman, sesungguhnya telah ditegakkan hujjah atas mereka dan mereka akan merasakan adzab di hari kiamat kelak. Cermatilah kelanjutan firman Allah ta’ala dalam ayat diatas,
    وَقُلِ الْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ فَمَن شَاء فَلْيُؤْمِن وَمَن شَاء فَلْيَكْفُرْ إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَاراً أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا وَإِن يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاء كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَاءتْ مُرْتَفَقاً
    Dan katakanlah: “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir”. Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek. (QS Al Kahfi: 29)

    Didalam Al-Qur’an juga disiratkan akan shalat yang dilakukan Nabi-Nabi sebelum Islam, misalnya Ishak dan Ya’kub As.:
    “Dan Kami telah memberikan kepada-nya (Ibrahim) lshak dan Ya’qub, sebagai suatu anugerah (daripada Kami). Dan masing-masingnya Kami jadikan orang-orang yang saleh. Kami telah menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami dan telah Kami wahyukan kepada, mereka mengerjakan kebajikan, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan hanya kepada Kamilah mereka selalu menyembah.”— Al-Qur’an Surah Al-Anbiya’:72-73

    Menurut saya sudah JELAS,…. ber-AWAL dari PERINTAH ALLAH SWT kepada seluruh makhluk ciptaan-Nya untuk menyembah ALLAH SWT.
    Jadi sudah ada kepastian kepada siapa mereka MENYEMBAH & BERIBADAH,.. bila selain kepada ALLAH SWT dalam agama ISLAM dianggap KAFIR,..
    Mari kita HORMATI saja kepada mereka yang NON-MUSLIM,… toh kita juga berawal dari 1 KELUARGA. Karena NAFSU, KETIDAKPUASAN, KEDENGKIAN, KEMUNAFIKAN, TIPU MUSLIHAT dll membuat beberapa saudara kita tidak SEJALAN…

  80. mind

    April 23, 2014 at 17:55

    mas..mbakk
    manusia itu punya pkiran..coba d fkir.. semua d dunia ini ada karena pikiran manusia(trmasuk agma). smua agma mempunyai tujuan baik(pikiran umum) dan tujuan sakral atau akhrat (pkiran sempit). ritual agama selalu berubah mengikuti jman…dari jaman batu sampai jman modern sekrang… semua ritual d per singkat..mengerucut pada satu tindakan. anda boleh saja berfikiran sempit atau luas(umum).. toh fikiran itu berasal dari tuhan(untuk kaum theist). fikiran itu adalh mlik manusia (untuk atheist)

  81. reza

    May 13, 2014 at 18:09

    good job undergrond tauhid
    we alwes pray for you

  82. Rani

    May 28, 2014 at 18:24

    Jika ingin mnghina agama Islam, tolong pelajari dlu kitab Al-Quran kami. Carilah ayat mengenai menutup aurat dan juga sholat, itulah agama kami. Segala perintah dari Tuhan kami yaitu Allah SWT. Kalo merasa berbeda, kenapa tidak menyembah saja Tuhan kami,, mengapa harus menyamakan padahal anda yg membenci agama Islam memiliki Tuhan yg berbeda??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>